The Blog

Jumat, tanggal 25 Maret 2022 Mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani angkatan 2020 dan angkatan 2021 melaksanakan kegiatan kemah bakti sosial di Desa Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Lama kegiatan ini tepatnya selama 3 hari 2 malam. Kegiatan ini tentunya didukung langsung oleh Koordinator prodi Bapak Septian Raibowo, M.Pd. Desa Talang Empat ini sebelumnya juga sudah sering dijadikan tempat kegiatan KBS, lokasinya lumayan strategis untuk mengadakan kegiatan perkemahan karena letak desanya dapat ditempuh kurang dari 30 menit dari Kampus Penjas.

Kegiatan yang dilakukan dimulai dari mengumpulkan para peserta pada pukul 10.00 wib di Kampus Penjas, dimana memulai kegiatan dengan melakukan pengecekan barang di setiap kelompok hingga kehadiran dari setiap peserta, lalu sedikit di isi dengan sharing dengan anggota Himaraga dan sebelum berangkat seluruh peserta melaksanakan shalat jumat berjamaah. Perjalanan menuju lokasi Desa Talang Empat dimulai pada Pukul 13.30 Wib menggunakan mobil truk, perjalanan ini membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam, saat peserta sudah sampai di lokasi panitia mengarahkan para peserta untuk menegakan tenda masing – masing kelompok dan mengumpulkan semua bahan masak ke tenda panitia, setelah tenda selesai ditegakan barulah para peserta makan siang bersama. Lalu waktu asar tiba semua peserta diarahkan oleh panitia menuju lokasi mushola terdekat untuk melaksanakan shalat ashar berjamaah, setelah semuanya selesai barulah semua peserta diberikan waktu istirahat dan bersih – bersih atau mandi, hingga waktu shalat maghrib tiba setelah para peserta selesai melaksanakan shalat maghrib berjamaah para peserta langsung diberi makan malam.

Kegiatan yang dilakukan setelahnya yaitu acara pembukaan yang dihadiri oleh perwakilan Kepala Desa yaitu Kadun 1 dan karang taruna Desa Talang Empat, setelah acara pembukaan selesai langsung dilanjutkan dengan bermain game, game ini bernama tebak kata, setelah semua kelompok sudah maju secara bergantian, berakhirlah semua kegiatan yang dilaksanakan pada hari jumat, semua peserta dipersilahkan untuk tidur.

Besoknya pada hari sabtu, pagi diawali dengan shalat subuh berjamaah kemudian senam pagi bersama, setelah melaksanakan senam seluruh peserta di beri waktu mandi dan bersih – bersih selama 1 jam lebih, dilanjutkan dengan sarapan, lalu kebersihan lingkungan yang ada di pekarangan taman pemakaman umum desa talang empat, hingga waktu makan siang tiba barulah semua peserta diberi waktu istirahat, shalat dan makan, hingga langsung dilanjutkan lagi dengan kegiatan berikutnya yaitu bermain game estafet tepung, putar bumi dan lain – lain, kegiatan ini memakan waktu yang cukup lama hingga pada saat pelaksanaan shalat ashar game belum selesai yang akhirnya para peserta diberi jeda untuk melaksanakan shalat ashar, setelah semua sudah berkumpul lagi barulah game dilanjutkan hingga waktu sudah sangat sore, jadi seperti di hari sebelumnya semua peserta diberi waktu untuk mandi sekaligus shalat maghrib berjamaah di mushola terdekat, dilanjutkan dengan makan malam.

Acara selanjutnya yaitu pentas seni yang dilakukan secara berkelompok, yang mana panitia memberikan waktu kepada semua peserta untuk menyiapkan penampilan dari masing – masing kelompoknya. Pada malam tersebut juga dihadiri langsung oleh Alumni Penjas setiap angkatan dimana tujuanya untuk memeriahkan dan mendampingi kegiatan tersebut. Besokan harinya tepat di minggu pagi semua peserta wajib melaksanakan kegiatan clear area serta membongkar tenda dan bersiap-siap mengemas barang serta peralatan untuk kembali pulang ke kampus Penjas. Semoga kegiatan KBS ini terus berlangsung kedepannya. Salam Olahraga Jaya!!!

admin2

Dosen Penjas UNIB

Leave a Comment