The Blog

Dosen Program Studi Pendidikan Jasmani
Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Penerapan IPTEKS pada tanggal 17 Oktober 2020  melalui Zoom Cloud Meeting. Pengabdian yang dilaksanakan berjudul WORKSHOP PEMBUATAN BAHAN AJAR KESIAPSIAGAAN BENCANA DALAM BENTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF BAGI GURU PENDIDIKAN JASMANI SMP NEGERI KOTA BENGKULU. Narasumber dalam kegiatan pengabdian ini yaitu:

  1. Septian Raibowo, S.Pd, M.Pd. (FKIP, Universitas Bengkulu)
  2. Yahya Eko Nopiyanto, S.Pd, M.Pd. (FKIP, Universitas Bengkulu)
  3. Selupati (Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bengkulu)

Pada kesempatan pengabdian ini, para narasumber memberikan materi dan praktik langsung dalam menyusun bahan ajar kesiapsiagaan bencana dalam bentuk multimedia interaktif.  Berikut rangkaian presentasi dan pelatihan  yang disampaikan oleh ketiga narasumber dalam kegiatan pengabdian ini.

Pemaparan dari Selupati (BPBD Kota Bengkulu)

Presentasi dan tanya jawab pertama disampaikan oleh Selupati (BPBD Kota Bengkulu)  tentang 1) Kesiapsiagaan dan Mitigasi Bencana; 2) Manajemen Bencana; 3)Pendidikan dan Pelatihan Mitigasi Bencana; 4) Mekanika Respon Tanggap Darurat Bencana; dan 5) Pemetaan Resiko Bencana.

Pemaparan dari Yahya Eko Nopiyanto, M.Pd ( FKIP-Universitas Bengkulu)

Presentasi dan tanya jawab kedua disampaikan oleh Yahya Eko Nopiyanto, M.Pd .  tentang: 1) Penerapan Sekolah Aman Dari Bencana; 2) Proses Membangun Sekolah Aman dari Bencana; 3) Penerapan Sekolah Aman Melalui DAK Pendidikan dan Rehabilitasi Sekolah; 4) Peran guru pendidikan jasmani dalam tanggap bencana alam di sekolah.

Pemaparan dari Septian Raibowo, S.Pd, M.Pd (FKIP-Universitas Bengkulu)

Kemudian, presentasi, tanya jawab, dan praktik pembuatan bahan ajar kesiapsiagaan bencana dalam bentuk multimedia interaktif disampaikan oleh Septian Raibowo, S.Pd, M.Pd. Materi yang disampaikan tentang: 1) Membuat materi bahan ajar melalui Ms Powerpoint 2019; 2) Membuat materi bahan ajar melalui Adobe Macromediaflash

Kegiatan pengabdian berikutnya dilanjutkan dengan Pendampingan secara daring menggunakan Zoom Cloud Meeting dan Telegram Grup. Para peserta dalam kegiatan pendampingan juga sangat antusias ketika membuat bahan ajar kesiapsiagaan bencana alam dalam bentuk multimedia interaktif.

Link Materi dapat di Unduh di sini

Defliyanto

Dosen Penjas UNIB

Leave a Comment