The Blog

Bengkulu. Universitas Bengkulu melalui Surat Edaran Rektor Universitas Bengkulu Nomor: 4940/UN30/TU/2020 tentang Peningkatan Status Langkah Pencegaham Penyebaran Covid-19 di Universitas Bengkulu, meniadakan prosesi wisuda untuk periode April 2020. Keputusan ini diambil karena masa pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di lingkungan UNIB telah diperpanjang.

Rektor UNIB Prof. Ridwan Nuraizi, mengatakan, Karena keputusan tersebut, maka lulusan UNIB untuk periode kali ini langsung diberikan ijazah. . “Nantinya, ijazah ini diberikan langsung kepada lulusan dengan cara mengambilnya di Sub Bagian Akademik Fakultas/Pascasarjana atau Program Studi masing-masing. Proses pengambilan ijazah harus mengikuti protokol pencegahan penyebaran Covid-19,” ucap Rektor.

Rektor mengungkapkan, UNIB harus mengambil kebijakan untuk meniadakan wisuda, sebab kondisi wabah Covid-19 sampai saat ini masih belum mereda. Untuk itulah, kegiatan wisuda tidak mungkin dilaksanakan karena kegiatan tersebut mengumpulkan banyak orang. Meskipun demikian, Rektor memastikan bahwa hal tersebut tidak mengurangi makna kelulusan bagi setiap alumni UNIB. “Kita paham, bagi sebagian orang wisuda adalah momen yang sangat berharga. Tapi kondisi sekarang tidak memungkinkan untuk melaksanakan hal itu. Namun percayalah, UNIB tetap bangga dan mengapresiasi setiap lulusannya,” ucap Rektor. Di sisi lain, Rektor menegaskan, peniadaan wisuda ini juga bertujuan agar lulusan UNIB bisa segera mendapatkan ijazah. Dengan demikian, mereka bisa memanfaatkan ijazah tersebut untuk mencari kerja atau hal lainnya. Tanpa harus menunggu prosesi wisuda yang belum bisa dipastikan pelaksanaannya. “Sebenarnya wisuda itu tidak wajib (bersifat opsional) seperti menggelar pernikahan, yang penting ijab kabulnya, nah ijab kabul itu dalam kelulusan adalah penyerahan ijazah dan transkrip. ” ucap Rektor.

Melalui surat edaran tersebut, Prodi Pendidikan Jasmani segera melaksanakan apa yang telah dihimbau. Pada Tanggal 16 April 2020, prosesi pembagian ijazah dilakukan di Kampus Penjas Unib Raden Fatah. Prosesi ini digelar dengan mematuhi protokol pencegahan covid-19, seperti wisudawan/ti wajib menggunakan masker

Pembagian ijazah dan transkrip, langsung diberikan oleh Koord Prodi Pendidikan Jasmani, Drs. Tono Sugihartono, M.Pd kepada 5 orang Wisudawan/ti. Koord Prodi berharap, dengan momen seperti tidak mengurangi khidmat nya prosesi kelulusan bagi mahasiswa, dan mudah-mudahan ijazah tersebut dapat dimanfaatkan dan dipergunakan sebagaimana mestinya. Pungkasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website