The Blog

Bengkulu, 7 Januari 2020 bertempat di Ruang Rapat 3 Rektorat Universitas Bengkulu, merupakan hari bersejarah dan waktu yang sangat dinanti-nantikan buat Universitas Bengkulu secara umum dan Prodi Penjas FKIP-Universitas Bengkulu. Pasalnya setelah kurun waktu ± 30 tahun akhirnya lahan seluas 5 hektar di Jalan Raden Patah, Pagar Dewa Air Sebakul Kota Bengkulu, resmi menjadi hak milik UNIB. Peralihan hak guna pakai lahan Pemerintah Provinsi Bengkulu ini melalui mekanisme hibah yang ditandatangani kedua belah pihak. Dikutip dari laman resmi unib.ac.id pada selasa (7/1/2020) penandatanganan dan serah terima hibah dilakukan di ruang rapat 3 Rektorat Universitas Bengkulu.

Penandatanganan berita acara hibah dilakukan oleh Gubernur Bengkulu Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bengkulu Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Sumarno bersama Rektor UNIB Prof. Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Si, Ak, CA, disaksikan para pimpinan di selingkung Universitas bengkulu dan Dekan FKIP Universitas Bengkulu Prof. Dr. Sudarwan Danim, M.Pd serta Koord Prodi Penjas Universitas Drs, Tono Sugihartono, M.Pd. Di Pihak Pemprov Bengkulu dihadiri pula oleh perwakilan BPKAD (Badan Pengelolaan Kekayaan dan Asset Daerah) Provinsi Bengkulu.

Penyerahan hibah lahan tersebut bertujuan meningkatkan aksesibilitas masyarakat Bengkulu untuk mendapatkan kesempatan yang memadai terhadap pelayanan pendidikan tinggi. “Selain itu juga untuk mendukung program pemerintah pusat yaitu, tertib administrasi pengelolaan Barang Milik Daerah dan Barang Milik Negara,” ucap Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam hal ini dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur, saat acara serah terima dan penandatanganan lahan hibah di Rektorat Universitas Bengkulu

Rektor UNIB Prof. Ridwan Nurazi menyambut baik penandatanganan berita acara hibah ini dan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu yang telah menghibahkan lahan ini, serta terimakasih kepada pihak Kejaksaan dan pihak lainnya yang telah membantu penyelesaian masalah ini. “Terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu yang telah menghibahkan lahan ini dan memberikan kepercayaan kepada UNIB untuk mengelola sepenuhnya lahan tersebut dalam upaya pengembangan dan kemajuan pendidikan tinggi di Bengkulu,” ujarnya.

Sebelumnya, lahan seluas 5 Hektar yang terletak di Jalan Raden Patah Nomor 3 Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu dengan Sertifikat Hak Pakai Nomor P.08 Tahun 1989 milik Pemerintah Provinsi Bengkulu tersebut telah diserahkan pengelolaannya kepada UNIB dan digunakan sebagai Gedung perkuliahan Program Studi Pendidikan Jasmani-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Penjas-FKIP). Akan tetapi proses peralihan hak membutuhkan proses yang sangat panjang. Sekitar setahun yang lalu (21/2/2019) dari pihak UNIB sebelumnya telah meminta LO (Legal Opinion) dari Kejaksaan Tinggi Bengkulu sebagai Jaksa Pengacara Negara. Akhirnya, dengan opsi hibah ini, peralihan hak dapat dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam kesempatan yang sama, Koord Prodi Penjas Universitas Bengkulu menyambut baik dan berterimakasih kepada pihak Universitas Bengkulu yang selama ini telah berjuang keras dalam memperjuangkan legalitas lahan tersebut. Ujarnya. Harapan kedepannya adalah dengan momentum bersejarah ini penataan aset dan pembangunan fasilitas serta sarana dan prasarana penunjang perkuliahan mulai diperbaiki secara maksimal dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Bengkulu (Hms/Penjas)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website