The Blog

Bengkulu, 13 September 2019 – Hockey, Olahraga yang menggunakan stik berbentuk “J” untuk menggerakkan bola masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Olahraga permainan ini belum diminati oleh masyarakat Indonesia , padahal hockey sudah dimainkan di Indonesia sejak tahn 1920. Hoki merupakan olahraga tim yang sistem permainannya mirip sepakbola: dimainkan di lapangan (rumput atau tanah), terdiri dari dua tim, dan pemenang ditentukan dengan memasukkan bola ke gawang.

Olahraga hockey memang relatif kurang populer di Indonesia. Dibandingkan sepakbola, bulutangkis, basket, dan voli, olahraga hoki harus diakui jauh kalah populer di Indonesia. Meski begitu, tim Indonesia mampu menorehkan prestasi ketika menyabet dua medali perak di SEA Games 2017 lalu. Pada ajang Asian Games 2018, Indonesia untuk kali pertama mengirim tim Hockey baik di sektor putra maupun putri

Menghadapi problematika tersebut. Pengurus Federasi Hockey Indonesia (FHI) Bengkulu melakukan sosialisasi olahraga hockey kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani (Penjas) FKIP-Universitas Bengkulu bertempat di Kampus II Penjas Air Sebakul, Kota Bengkulu.

Assisten Coach Team Hockey Bengkulu, Muhammad Tio Saputra didampingi oleh Dosen Prodi Penjas, Septian Raibowo, S.Pd, M.Pd.

“Keistimewaannya itu bermain hoki ini lebih dominan menggunakan tangan kiri. Jadi yang lebih aktif otak kanan. Sehingga pemain hoki bisa dibilang memiliki kreativitas yang diatas rata-rata.”
“Dan dalam olahraga permainan tim, kreativitas lah yang sangat menunjang performa individu maupun tim untuk menampilkan yang terbaik,”

Koordinator Prodi Penjas, Drs. Tono Sugihartono, M.Pd didampingi Dosen Prodi Penjas Septian Raibowo, S.Pd, M.Pd serta Assisten Coach Team Hockey Bengkulu sedang memperagakan salah satu teknik dasar Hockey

Sosialisasi ini juga dilakukan untuk mendukung kegiatan akademis prodi penjas itu sendiri yaitu sebagai pengayaan penguasaan materi keterampilan cabang olahraga yang pada saat ini belum masuk ke dalam Kurikulum prodi penjas serta nantinya diharapkan kualitas kompetensi lulusan prodi penjas semakin meningkat.

Perkembangan olahraga hockey sendiri di Provinsi Bengkulu masih terbilang cukup baru, hal itu terlihat masih sedikitnya masyarakat yang belum mengenal salah satu cabang olahraga yang berasal dari Eropa ini. Untuk itu dengan diadakannya sosialisasi ini diharapkan akan muncul bibit atlet untuk olahraga hockey ini sendiri ke level nasional bahkan internasional.

Leave a Comment